Tuesday, May 11, 2021

CONTOH RRP DARING 1 LEMBAR 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (RPP)

SatuanPendidikan

:

………………..

Mata pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester

:

…………

/

…………..

Materipokok

:

Obyek IPA dan Pengamatannya

Alokasiwaktu

:

2

JP =

1

pertemuan

     

A.     TujuanPembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan  dapat:

·      Memahami ketrampilan proses dalam penyelidikan IPA dan kegunaannya

·      Memahami proses pengukuran, alat ukur yang digunakan dan mengkonvermasikan hasil pengukuran

·      Memahami besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

 

B.      LangkahPembelajaran :

Pembelajaran di lakukan di rumah oleh peserta didik dengan media belajar yang sudah di siapkan oleh guru maupun oleh siswa sendiri.Metode yang di gunakan pastinya untuk mencapai tujuan pembelajran yang efektif dan efisien ,dan beberapa metode akan digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring.

 

C.      Media Pembelajaran

a.  Media dan Alat : Jaringan Internet, Buku, power point dan link Belajar,  laptop, telpon gengam dan lain lain.

b.    Sumber Belajar :Buku IPA Kelas 7 Kemendikbut 2017/2018, Buku Biologi, Arikel, internet dan Lain lain.

 

LangkahPembelajara

Langkah 1

Guru dan siswa berinteraksi dengan menggunakan media komunikasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan( contoh media komunikasi : Wattssap, Zoom, Massanger ) yang relative digunakan baik oleh guru maupun siswa.

Langkah 2

Guru membuka pelajaran dengan menanyakan keadaan siswa sebelum masuk dalam ceramah singkat( MetodeCeramah )tentang topic Obyek IPAdan Pengamatan. Pada bagian ini guru bias memberikan pertanyaan/kasus yang mungkin tidak di ketahui oleh siswa

Langkah 3

Guru dalam proses pembelajaran ini sudah menyediakan media pembelajaran power point tentang ( Obyek IPA danPengamatan) atau link materi yang akan diberikan kepada siswa berdasarkan tujuan pembelajaran yg sudah direncanakan

Langkah 4

Siswa diberikan kesempatan untuk berliterasi sendiri dengan media power point maupun sumber media lain ( Buku peganggan atau sumber internet ) dengan jangka waktu yang di tentukan oleh guru Misal. 1 jam, 3, jam atau 1 hari

Langkah 5

Pada langkah ini guru melakukan proses Tanya jawab terhadap materi yang sudah di pelajari oleh siswa di setiap slide yang ada di dalam power point

Langkah 6

Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

Langkah 7

Guru memberikan Asesmentlewat quiz dan tugas

 

D.        Asesment/Penilaian

Test lisan/testertulis

Guru menyediakan pertanyaan dalam Bentuk quiz, dan pertanyaan esay (Pengetahuan)

fortofolio

Siswa diberi tugas pengukuran

 

                                                                                                   Pati, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala ……………..                                                                  Guru Mapel IPA

 

 

…………………                                                                         ………………..           

NIP. …………………                                                                 NIP. ………………..

0 komentar

Post a Comment