Tuesday, April 23, 2019

VCT Seameo Seamolec, Menyiapkan Pendidik Menyongsong Era 4.0





Virtual Coordinator Training (VCT) adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh SEAMOLEC dibawah naungan SEAMEO, dalam rangka mempersiapkan generasi jaman now menghadapi Revolusi Industri 4.0


Apa sih SEMAEO itu?

SEAMEO (The Shouteast Asian Ministers of Education Organization) adalah sebuah lembaga organisasi dibawah Menteri Pendidikan ASEAN yang digunakan untuk mempromosikan kerjasama dalam bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya di kawasan Asia Tenggara khususnya ASEAN.

Sebagai Organisasi yang terus berkembang dalam meningkatkan kapasitas SDM  dan mengeksplorasi potensi masyarakat sepenuhnya, SEAMEO mempertahankan pekerjaan dan aspirasi untuk pembangunan bersama masyarakat di kawasan Asia Tenggara untuk membuat kehidupan lebih baik dalam kualitas dan kesetaraan dalam pendidikan, pendidikan kesehatan, budaya dan tradisi, teknologi dan informasi serta komunikasi, bahasa, pengentasan kemiskinan dan pertanian dan sumber daya alam. selengkapnya bisa cek di web seameo www.seameo.org

Pada bulan maret kemarin, kebetulan SEAMOLEC mengadakan VCT ( Virtual Coordinator Training), oh iya SEAMOLEC merupakan salah satu dari 26 lembaga dibawah naungan SEAMEO yang berfokus pada bidang pembelajaran terbuka dan jarak jauh (ODL). Karena berbagai program yang menjadi tugas intinya, seperti; pelatihan, konsultasi, penelitian dan pengembangan, dan penyebaran informasi, SEAMOLEC membantu Negara Anggota SEAMEO untuk menemukan solusi alternatif untuk meningkatkan kualitas karyawannya melalui Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh (ODL).
Tujuan SEAMOLEC adalah untuk menjalankan program-program yang relevan yang responsif terhadap kebutuhan nasional dan regional saat ini melalui pemanfaatan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Untuk mencapai visi dan misinya, dan juga untuk terus memberikan layanan yang baik untuk kawasan ini, SEAMOLEC sangat tertarik untuk membangun sistem jaringan yang lebih kuat melalui kemitraan dan sinergi dengan pihak terkait lainnya. Hanya dengan jaringan dan kemitraan yang baik,  akan terus tumbuh lebih besar di masa depan.
pada kesempatan yang lalu, SEAMOLEC bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan Pelatihan secara Online (Daring). Kegiatan ini diadakan secara serentak se Asia tenggara, bahkan di Indonesia sendiri ada beberapa wilayah., penulis sendiri mengikuti VCT Batch 3 Area Jateng 30 Karena banyaknya peserta, Jawa Tengah sendiri dibagi menjadi 9 Kelompok berdasarkan wilayah dan pendaftar.
Hari demi hari, semua peserta menjalankan tugas yang sudah diberikan oleh isntruktur, dimana setiap peserta harus melakukan :
2 (dua) kali menjadi host (pengatur acara, atau kami menyebutnya penjaga gawang)
2 (dua) kali menjadi moderator (memandu acara )
2 (dua) kali menjadi Presenter/pemateri (Pengisi Acara Seminar)
semua aktifitas tersebut kami lakukan disebuah meeting room online weebexs.com. Setiap peserta hars bisa dan mampu mengoperasikan cisco webex meeting room dalam mengikuti maupun mengisi acara. peserta juga harus mampu membuat flyer (baik secara online maupun offline) lalu menyebarkan flyer tersebut (dipromosikan). dan masih banyak lagi.
sebagai contoh :


selain itu setiap peserta wajib merekam proses presentasi ketika bertugas, menggunakan alat/software perekam layar sebagai bukti/dokumentasi digital, lalu mengunggah/mengupload ke situs youtube, seperti berikut:


Dalam pelatihan tersebut intinya kita sebagai peserta dipersiapkan untuk menjadi pendidik menghadapi era digital 4.0.

SEAMEO SEAMOLEC berencana mengadakan VCT Batch 4 di waktu mendatang, pastikan kamu tidak ketinggalan untuk menjadi peserta VCT Batch 4. tunggu infonya di blog ini......
bagi yang ingin tahu lebih banyak silahkan bisa meninggalkan pesan pada kolom komentar atau pada fanspage kami. terima kasih.

0 komentar

Post a Comment