RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (RPP)
SatuanPendidikan |
: |
……………….. |
||||
Mata pelajaran |
: |
Ilmu Pengetahuan Alam |
||||
Kelas / Semester |
: |
………… |
/ |
………….. |
||
Materipokok |
: |
Obyek IPA dan Pengamatannya |
||||
Alokasiwaktu |
: |
2 |
JP = |
1 |
pertemuan |
|
A. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memahami ketrampilan
proses dalam penyelidikan IPA dan kegunaannya
·
Memahami
proses pengukuran, alat ukur yang digunakan dan mengkonvermasikan hasil pengukuran
·
Memahami besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
B.
LangkahPembelajaran
:
Pembelajaran di lakukan di rumah oleh peserta didik dengan media belajar yang sudah di
siapkan oleh guru maupun oleh siswa sendiri.Metode yang di gunakan pastinya untuk mencapai tujuan pembelajran
yang efektif dan efisien ,dan beberapa metode akan digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring.
C.
Media
Pembelajaran
a. Media dan Alat
: Jaringan Internet, Buku, power point dan link Belajar, laptop, telpon gengam dan lain lain.
b.
Sumber Belajar
:Buku IPA Kelas 7 Kemendikbut 2017/2018, Buku Biologi, Arikel, internet dan Lain
lain.
|
LangkahPembelajara |
Langkah 1 |
Guru dan siswa berinteraksi dengan menggunakan media komunikasi dalam proses pembelajaran
yang dilakukan( contoh media komunikasi : Wattssap, Zoom, Massanger ) yang
relative digunakan baik oleh guru maupun siswa. |
Langkah 2 |
Guru membuka pelajaran dengan menanyakan keadaan siswa sebelum masuk dalam ceramah singkat( MetodeCeramah )tentang topic Obyek IPAdan Pengamatan. Pada bagian ini guru bias memberikan pertanyaan/kasus yang
mungkin tidak di ketahui oleh siswa |
Langkah 3 |
Guru dalam proses
pembelajaran ini sudah menyediakan media pembelajaran power point tentang ( Obyek IPA
danPengamatan) atau link materi yang akan diberikan kepada siswa berdasarkan tujuan pembelajaran yg sudah direncanakan |
Langkah 4 |
Siswa diberikan kesempatan untuk berliterasi sendiri dengan media power point
maupun sumber media lain ( Buku peganggan atau sumber internet ) dengan jangka waktu yang di tentukan oleh guru Misal. 1 jam, 3,
jam atau 1 hari |
Langkah 5 |
Pada langkah ini guru melakukan proses Tanya jawab terhadap materi yang sudah di
pelajari oleh siswa di setiap slide yang ada di dalam power point |
Langkah 6 |
Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan |
Langkah 7 |
Guru memberikan Asesmentlewat quiz dan tugas |
D.
Asesment/Penilaian
Test lisan/testertulis |
Guru menyediakan pertanyaan dalam Bentuk quiz, dan pertanyaan esay (Pengetahuan) |
fortofolio |
Siswa diberi tugas pengukuran |
Pati,
13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala …………….. Guru
Mapel IPA
………………… ………………..
NIP. ………………… NIP. ………………..
0 komentar
Post a Comment