A. Menciptakan situasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
1. Kegiatan Harian :
a. Tadarus Al-Qur'an 07.00 – 07.15 setiap
kelas bagi peserta didik muslim dan kebaktian do'a di ruang aula bagi peserta
didik non muslim
b. Bimbingan shalat dzuha pada waktu
istirahat pertama (pukul ; 10,00) secara bergiliran setiap hari 2 kelas dibawah
bimbingan dan tanggung jawab guru yang mengajar pada kelas bersangkutan
c. Shalat Dzuhur berjama'ah pada waktu
istirahat kedua pukul 11.50-12.10 dengan Imam oleh Guru putra secara
bergantian, bagian depan laki-laki dan bagian belakang perempuan diikuti oleh
seluruh guru, karyawan dan peserta didik
d. Implementasi IMTAQ dengan mata
diklat/kompetensi lain bagi guru-guru muslim setiap jam pelajaran dan pada saat
shalat dzuhur tidak ada aktivitas lain diruang kelas, ruang guru dan kantin
kecuali melaksanakan shalat berjamaah
e. Program kepedulian sosial siswa yang
dikumpulkan oleh ROHIS/ROKRIS sebagai upaya untuk membantu peserta didik yang kurang
mampu supaya dapat melanjutkan belajar
f. Penerapan Dakwah Sistem Langsung (DSL)
dalam program pembelajaran Pendidikan Agama
2. Kegiatan Mingguan :
a. Penyelenggaraan Shalat Jum'at dengan
khatib oleh Guru PAI/Umum dan Ustadz dari luar secara bergantian dan wajib
diikuti oleh Guru laki-laki dan peserta didik laki-laki muslim. Untuk non
muslim melakukan kebaktian bersama di ruang Aula
b. Penyelengaraan Kajian Agama Keputrian pada
waktu Shalat Jum'at dengan Bimbingan Guru Wanita Muslim dan dilanjutkan Shalat
Dzuhur berjamaah
c. Mentoring Agama diikuti seluruh peserta
didik secara kelompok dibimbing para tutor dibawah koordinasi Guru Agama
d. Memakai pakaian muslim bagi peserta didik,
guru, dan karyawan.
e. Kegiatan MABID ( Shalat Taubat, Tasbih,
Dzikir dan Muhasabah) yang diikuti oleh peserta didik tingkat III setiap program
keahlian secara bergiliran dengan dipandu/dibimbing oleh Guru Agama/pembina
OSIS
f.
Penerbitan buletin dakwah yang kelola oleh DKM Masjid SMK Negeri 56 Jakarta dan
ROHIS
3. Kegiatan Tahunan :
a.
Pelaksanaan Pesantren Kilat 2 kali dalam
satu tahun, pada liburan semester genap dan bulan suci Ramadhan diikuti oleh peserta
didik yang masuk kreteria sebagai berikut :
Ø
Nilai
Normatif tidak mencapai kompetensi
Ø
Ada
nilai Adaptif atau produktif yang tidak mencapai kompetensi
Ø
Jumlah
pelanggaran tata tertib sekolah telah mencapai 45 poin
Ø
Sering
terlambat masuk sekolah
Ø
Peserta
didik bermasalah
b. Pelaksanaan PHBI yang terdiri ; Maulid Nabi, Isra' dan
Mi'raj, dan Muharam ( Tahun Baru Hijriyah)
c. Bimbingan
Shalat Idul Qurban dan Penyembelihan hewan qurban
d. Bimbingan
pengumpulan, pembagian zakat fithrah dan shalat Idul Fithri
e. Buka Puasa
Bersama dan Shalat Tarawih dan kegiatan peserta didik lainnya seperti ;
Ø SII = Studi Islam Intensif
Ø Kaderisasi Remaja Islam ( Calon
anggota DKM=Dewan Kemakmuran Masjid /ROHIS)
Ø LDKI = Latihan Dasar Kepemimpinan
Islam ( Calon Pengurus DKM/ROHIS )
Ø SEMILOKA ISLAM
Ø TAFAKKUR ALAM
Ø Pelatihan MENTOR
Ø Bedah Buku
Ø
Dll.
B. Pemantapan Komitmen,
Budaya Manajemen By Fact dan BTP
1. Penerapan MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah)
yang taat asaz
BERSIH
Ø Mengandung nilai –nilai ; Kejujuran, Ketulusan dan tidak
Korup
Ø Bertekad untuk ; Berprilaku jujur, menjunjung tinggi
integritas dan kredibilitas, tidak KKN
Ø Bersih fisik dan bersih hati
TRANSPARAN
Ø Mengandung nilai-nilai yang dapat diaudit/diakses oleh
siapa saja dan dapat dipertanggung jawabkan serta keterbukaan
Ø Bertekad untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung
jawab dan dapat diketahui oleh fihak-fihak yang mempunyai kewenangan untuk
mengetahui
Ø Budaya terbuka, terbuka dalam program dan terbuka dalam
anggaran
Ø Berfikir positif
PROFESIONAL
Ø Memiliki integritas yang tanpa kompromi, jujur, disiplin
dan tanggung jawab
Ø Mampu mengatakan yang benar ya benar dan yang salah ya
salah
Ø Memiliki tingkat kompetensi yang tinggi, kemampuannya
prima, menguasai bidang tugasnya, mau belajar terus menerus.
Ø Memiliki perhatian tinggi pada pelanggan melalui
pelayanan prima, tepat waktu dan tidak KKN
Ø Memiliki pribadi prima ; prima dalam intelektual, prima
dalam penampilan dan prima dalam penyampaian materi
Ø Memiliki interpersonal yang baik
Ø Memiliki komitmen yang kuat terhadap suatu panggilan
tugas
Ø Memiliki sikap mental yang positif, dalam setiap tindakan
dipelajari dulu tidak langsung mengambil keputusan
2. Pengembangan
Budaya Sekolah
Penciptaan
suasana belajar yang kondusif dan konsisten terhadap aturan yang disepakati
bersama oleh seluruh unsur sekolah.
3. Pelaksanaan
Kurikulum KTSP Berbasis Karakter dan Kewirausahaan
4. Pencanangan
target ; SMK SNP, ISO-900-2000 dan SMK RSBI
C. Penerapan organisasi pembelajaran
1. Reorientasi
Pemelajaran Normatif, Adaptif dan PRODUKTIF
2. Komitmen Warga
Sekolah
a. Wujud SMK Negeri 56 adalah wujud saya
b. Kepentingan KBM diatas segala kepentingan
c. Lima menit sebelum bel pertama
sudah ada di kelas/sekolah
d. Kekompakan dan kebersamaan adalah Jiwa saya
e. Keberhasilan SMK Negeri 56 adalah keberhasilan saya
f. Bekerja dilandasi berbuat baik bagi negara dan sebagai
ibadah
3. Melaksanakan
Tujuh Pilar KBM
a.
Pembelajaran Tuntas ( mastery learning)
b.
Pembelajaran berbasis Produksi ( PBT)
c.
Pemelajaran Mandiri /Individual
d.
Pembelajaran berbasis Kompetensi (CBT)
e.
Pembelajaran berwawasan lingkungan
f.
Pembelajaran berbasis normative dan adaptif
g. Pembelajaran sepanjang hayat dan
life skill
D. Kontrol Proses /Audit Mutu
1.
Standar Tamatan Bermutu
2.
Standar KBM Bermutu
3.
Standar Penilaian/ Verifikasi Internal
4.
Standar Layanan (SPM)
5.
Standar Insentif dan Pembiayaan
6.
Standar Produc dan Jasa
7.
Standar Program Kegiatan
8.
Standar Promosi guru dan karyawan
9.
Standar Kegiatan dan kehadiran
10.
Standar Informasi dan keterbukaan
11.
Standar Pengadaan dan Penerimaan Barang
12. Standar Dokumen
E. Peningkatan SDM dan Sumber Daya
Pendidikan
1.
Peningkatan kesejahteraan
2. Penegakkan
disiplin secara terus menerus
3.
Pelaksanaan peraturan taat asas dan
memberi sangsi bagi yang melanggar
4.
Pembagian tugas secara proporsional
5.
Pemetaan SDM (Sumber Daya Manusia), AMT
(Assesment Motivation Training), UKBI (Uji Kemampuan Bahasa Indonesia) danPeningkatan
Kompetensi
6.
Mendorong seluruh warga sekolah untuk
bekerja keras
7.
Menganggap sekolah sebagai rumah kedua
8. Pemanfaatan
aset sekolah untuk peningkatan mutu sekolah dan kesejahteraan
F. Sederhana dalam Proses
1.
Sesuai Sistem dan Prosedur
2.
Penyusunan TOR (Term of Refference)
3.
Pengendalian Pelaksanaan program
kegiatan
4. Pengembangan
Sistem Jaringan
0 komentar
Post a Comment